Kamis, 11 September 2008

Top Ten Comics Book Heroes (VCD) II

Discovery Channel ; TOP 10 Comic Book Heroes
(VCD)
with Indonesia Subtitling


Production Manager : Julia Baldwin
Producer : Duncan Mc Alpine
Director : Richard Belfield
Producer : Fulcrum TV for Discovery Channel
Indonesian Licensee : Medialine Entertainment
Release Year : 2003

TINTIN (10)
Tintin adalah seorang wartawan dari koran La PÄ•tit Viengtien. Ia memiliki anjing yang bernama Snowy, sahabat setia bernama Kapten Haddock serta Calculus. Tintin bagi saya pribadi seperti wartawan investigator, perjalanan diri Tintin menginventigasi suatu berita, membawanya ke berbagai pengalaman menarik.

Pada VCD ini, disebutkan bahwa Herge mengapresiasi tampilan yang ia suguhkan kepada pembaca Tintin, sebagaimana tampilan kenyataan yang ada di dunia. Digambarkan ketika panser yang ada dalam salah satu episode Tintin, sama dan hampir sebangun dengan panser pada dunia nyata, kapal selam pada episode Harta Karun Rackham Merah, sama seperti kapal selam yang pernah dikenal dunia pada masa awal kapal selam, dan beberapa tampilan yang identik dengan dunia nyata.
Kenyataan bahwa Herge belum pernah berkeliling dunia, terabaikan dengan penggambaran spesifik lokasi tempat Tintin berpetualang, hal ini menunjukkan kualitas Herge sebagai penulis, yang berusaha mendekatkan antara fantasi dengan dunia nyata.

Sejauh ini, saya beranggapan kemampuan Herge adalah kemampuan niscaya bagi para penulis, yaitu untuk menampilkan tampilan reka, se”hidup” mungkin, tapi yang harus diapresiasi secara mendalam adalah, pada saat Tintin “hidup” ke dunia, arus lintas informasi belum secanggih saat ini, maka kerja serius Herge (pada VCD disebutkan Herge membuat PR tersendiri untuk hal-hal yang belum ia ketahui tapi harus tampil dalam ceritanya) adalah kerja keras yang luar biasa. Maka ketika Tintin diapresiasi sebagai salah satu dari Top Ten Comic Heroes, bukanlah hal yang luar biasa, sebab ia adalah hasil kerja keras yang paripurna.

Tintin adalah satu-satunya pahlawan tanpa kekuatan super pada Top Ten Comic Heroes, hal ini menunjukkan bahwa siapa pun, pada kehidupan dirinya dapat menjadi pahlawan, dengan memaknai tiap pengalaman yang ia miliki secara lebih detail, lebih investigatif. Para nara sumber pada VCD ini mengapresiasi Tintin, yang dapat diterima oleh pembaca, baik pada kalangan pria maupun wanita, dewasa maupun anak-anak. Mereka juga menyampaikan bahwa Snowy, Haddock dan Calculus, beserta si Kembar Thompson, juga ikut menyemarakkan Tintin, tanpa harus Tintin kehilangan peran besarnya dalam suatu episode cerita.


Tintin telah diterjemahkan ke dalam 50 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Secara pribadi, bagi saya, Tintin edisi Bahasa Indonesia terbitan dan terjemahan dari Pustaka Sinar Harapan, jauh lebih menghibur dibandingkan Tintin edisi Bahasa Indonesia terbitan dan terjemahan dari Gramedia Grup…Silahkan Anda buktikan sendiri….(bersambung) 250808

Tidak ada komentar: