Kamis, 11 September 2008

Top Ten Comics Book Heroes (VCD) I

Discovery Channel ; TOP 10 Comic Book Heroes
(VCD)
with Indonesia Subtitling

Production Manager : Julia Baldwin
Producer : Duncan Mc Alpine
Director : Richard Belfield
Producer : Fulcrum TV for Discovery Channel
Indonesian Licensee : Medialine Entertainment
Release Year : 2003

Abad 2000, disemarakkan dengan tokoh kepahlawanan, yang tidak hanya dikenal dari daerah mereka berasal, melainkan dikenal luas oleh dunia. Kepahlawanan kali ini, tidak hanya mengemuka pada tataran manusia biasa melainkan juga pada rangkaian pahlawan fantasi. Mereka diangkat ke dunia; diantaranya melalui komik. Discovery Channel sepertinya memandang perlu untuk mencermati sepak terjang pahlawan komik di dunia. Maka mereka meneliti dan meranking 10 besar pahlawan komik.

10 Besar Rangking Pahlawan Tokoh Komik tersebut adalah
1. Batman (Bruce Wayne) diciptakan oleh Bob Kane ; 1939
2. Spider-man (Peter Parker) diciptakan oleh Stan Lee
3. X-Men diciptakan oleh Stan Lee
4. Superman (Clark Kent) diciptakan oleh Joe Siegel dan Schuster ; June 1938
5. Judge Dredd
6. Wonder Woman (Diana) diciptakan oleh William Moulton Marston
7. Hulk, diciptakan oleh Stan Lee
8. Akira (Manga; Japanese Comic)
9. Witchblade ; TopCow Comics
10. Tintin diciptakan oleh Herge

Dalam tampilan video ini, Discovery menampilkan nara sumber yang memiliki kompetensi tinggi dalam hal komik modern, seperti Stan Lee (kreator dari Hulk, Spider-man, X Men), George Perez (penulis komik) Marc Silvestri (kreator dari SHI), Paul Gravett (sejarahwan komik), Rachel Burke (cendekiawan komik/comic expert), termasuk Elizabeth Kane (anak dari Bob Kane; kreator Batman). Untuk Manga, nara sumber yang tampil adalah Jonathan Clements (cendekiawan manga; manga expert)

Pada tiap tokoh, nara sumber memberikan komentar, sejarah, apresiasi, bahkan visi dan misi dari keberadaan tokoh komik bersangkuntan. Salah satu visi dan misi yang menarik untuk dicermati adalah X Men dari Stan Lee. Ia mengatakan bahwa X Men adalah komik moral, yang dapat mengajarkan kepada kaum muda untuk tidak membeda-bedakan agama, ras atau pun warna kulit. Selain itu, pencipta Wonder Woman, adalah seorang psikolog, yang juga menciptakan Lie Detector…maka Wonder Woman dapat dianggap sebagai bentuk “keinginan terdalam atau fantasi manusia – baik laki maupun perempuan – tentang ia ingin menjadi siapa atau siapa yang sempurna”..

Mungkin banyak di antara kita yang kecewa, karena tokoh komik yang ia sukai, tidak termasuk dalam top ten comic heroes dari Discovery Channel, tapi bukan berarti komik atau tokoh yang Anda minati tidak baik, sebut saja Supergirl dan Wondergirl (DC Comics) Ms.Marvel, Black Cat, Captain America (Marvel) SHI (Image Comics), dan lain-lain.

Berdasarkan data yang ditampilkan, hanya satu tokoh atau pahlawan komik yang tidak memiliki kekuatan super, yaitu Tintin. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa keberadaan kita sebagai manusia, sepertinya tetap memerlukan tokoh fantasi, yang seringkali memiliki kekuatan yang tidak sama atau tidak mungkin untuk kita miliki…


VCD ini layak untuk dicermati, terutama bagi para kolektor komik, untuk menambah khazanah tentang komik apa yang layak ia buru, selain komik yang tentu-nya ia minati… (bersambung) 250808

Tidak ada komentar: