Kamis, 11 September 2008

Top Ten Comics Book Heroes (VCD) V

Discovery Channel ; TOP 10 Comic Book Heroes
(VCD)
with Indonesia Subtitling


Production Manager : Julia Baldwin
Producer : Duncan Mc Alpine
Director : Richard Belfield
Producer : Fulcrum TV for Discovery Channel
Indonesian Licensee : Medialine Entertainment with Indonesia Subtitling
Release Year : 2003


Hulk (7)


Pada peringkat ketujuh, ditempati oleh Hulk, yang diciptakan oleh Stan Lee. Stan Lee pada CD ini dibaptist sebagai Comics Godfather. Saya setuju dengan pendapat tersebut, mengingat, tidak hanya Hulk, tapi beberapa super heroes lain, diciptakan oleh Stan Lee. Dedengkot Marvel (konon kabarnya sempat pindah dari Marvel?) ini menciptakan tokoh-tokoh yang tidak biasa, dan menjadi panutan bagi banyak orang.

Hulk, adalah individu biasa, manusia biasa, yang secara kebetulan terkena radiasi dari salah satu eksperimen militer. Hasil dari radiasi tersebut, Hulk (maaf, saya lupa versi manusia-nya) dapat mengubah dirinya menjadi raksasa dan memiliki kekuatan super. Pada penjabaran tentang Hulk dalam CD ini, dikatakan bahwa dialog Hulk “polos” seperti kekanak-kanakan; sementara perubahan ke-Hulk terjadi pada saat sang manusia itu marah… Saya menangkap pesan moral sederhana, bahwa ketika kemarahan telah menguasai diri kita, maka tindakan kita seringkali atau tingkah laku kita acap kali, kekanak-kanakan…Mungkin Anda tidak merasakan pada saat Anda marah, tapi, ketika kemarahan Anda reda…cobalah ingat apa yang Anda lakukan pada saat Anda marah, saya (cenderung) yakin; Anda akan tersenyum pahit mengingatnya.

Warna Hulk yang hijau, menurut Stan Lee, bukanlah warna yang dipikirkan secara matang. Super Hero perlu berkostum, pada awalnya Hulk berwarna kelabu, tapi karena kegagalan proses pewarnaan, terjadi beberapa warna Hulk yang berubah-ubah. Stan Lee ketika itu menanyakan kepada para staffnya, warna apa yang belum dipakai oleh Super Hero (Marvel) saat itu, akhirnya diketahui Hijau, jadilah Hulk hijau. Pada awalnya warna hijau hanya terjadi apabila perubahan Hulk diakibatkan kemarahan besar si manusia bersangkutan, tapi seiring dengan waktu, warna itu seperti menjadi trade mark Hulk.

Saya hanya memiliki beberapa buah komik Hulk, jadi tidak dapat berpendapat banyak, apalagi versi yang saya miliki (seingat saya) versi yang biasa-biasa saja. Tapi, karena masukan dari CD, saya jadi berasumsi bahwa penciptaan She-Hulk (edisi wanita dari Hulk) merupakan bagian dari kerja keras Stan Lee untuk memanusiakan Hulk. Sebab pada She-Hulk, seingat saya dikisahkan pula bahwa She-Hulk sempat tampil modis (bandingkan ketika Wonder Woman juga tampil sebagai bintang televisi; di salah satu edisi komiknya). Bagaimana pendapat Anda?…. (bersambung) 280808

Tidak ada komentar: