Kamis, 11 September 2008

Top Ten Comics Book Heroes (VCD) IV

Discovery Channel ; TOP 10 Comic Book Heroes
(VCD)
with Indonesia Subtitling


Production Manager : Julia Baldwin
Producer : Duncan Mc Alpine
Director : Richard Belfield
Producer : Fulcrum TV for Discovery Channel
Indonesian Licensee : Medialine Entertainment
Release Year : 2003


Akira (8)

Pada peringkat ke delapan, Akira, Komik Jepang atau yang lebih dikenal dengan sebutan Manga. Manga, menurut VCD ini, dapat berarti irresponsible picture, atau gambar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan (ini penerjemahan bebas ala saya pribadi). Bisnis Manga di Jepang, pada masa VCD ini dibuat, menghasilkan laba 6 milyar dollar Amerika, atau setara (menurut Discovery) dengan laba bisnis komik di negara-negara non Jepang dikumpulkan menjadi satu.Maka dapat dianggap bahwa komik, dalam tataran budaya Jepang, atau mungkin dalam tataran budaya baru Jepang, adalah media penyebaran informasi maupun wacana yang menjanjikan.


Akira bercerita tentang salah seorang anak yang diikutsertakan pada program pelatihan mliter tertentu, dan mendapatkan kekuatan yang sama sekali tidak dapat ia kontrol. Maka, siapa pun yang dapat menguasai Akira, dianggap (ditakdirkan) dapat menguasai dunia. Alhasil, Akira menjadi rebutan di antara manusia. Kekuatan Akira tercipta dari hasil eksperimen militer, dan diharapkan dapat digunakan untuk kepentingan damai di militer, tapi hal itu bertolak belakang dengan hasil yang telah mereka dapatkan. Akira tumbuh menjadi kekuatan yang tidak dapat dikontrol, bahkan oleh pemiliknya sendiri.

Seorang fan Akira menyatakan bahwa Akira dapat diterima dengan baik di Jepang, karena menampilkan sisi manusiawi dari manusia serta menampilkan gambar tokoh yang menarik. Sementara Jonathan Clements; seorang Manga Expert, menyatakan bahwa berkembangnya Manga di Jepang, tidak lepas dari pemberontakan atas budaya Jepang yang “cenderung dianggap” mengekang kebebasan berekspresi pada saat Manga dipopulerkan.

Secara pribadi, saya belum pernah membaca Akira, saya masih jauh lebih mengenal Kungfu Boy, atau manga dewasa dari Komik Jepang dibandingkan Akira. Untuk komik dari Timur, saya lebih suka membaca dan memiliki komik-komik Hongkong seperti karya Tiger Wong dan yang klasik Aisha Tiger Lady (masih ada sambungannya gak sssiiihhh?…hiks) Boleh jadi, mulai saat ini saya akan mencoba mencermati Akira….(bersambung) 270808


Tidak ada komentar: