Kamis, 11 September 2008

Top Ten Comics Book Heroes (VCD) VI

Discovery Channel ; TOP 10 Comic Book Heroes
(VCD)
with Indonesian Subtitling

Production Manager : Julia Baldwin
Producer : Duncan Mc Alpine
Director : Richard Belfield
Producer : Fulcrum TV for Discovery Channel
Indonesian Licensee : Medialine Entertainment
Release Year : 2003

Wonder Woman (6)
Pada peringkat keenam, Wonder Woman, ciptaan William Moulton Marston. William Moulton Marston adalah psikolog yang menciptakan lie detector. Sebagai psikolog, ditengarai ia mengetahui secara mendalam, tentang fantasi manusia pada umumnya. Wonder Woman, dari segi penamaan, merupakan penamaan yang kreatif, bagaimanapun juga, setiap individu ingin tampil wonder… Selain itu, Wonder Woman, sama seperti Supergirl, Wonder-girl, Super Woman, adalah penamaan yang secara bahasa, memiliki arti yang (selalu ingin) dicapai oleh seorang wanita. Pada bagian lain, boleh jadi kaum pria memiliki keinginan untuk memiliki wanita dengan karakteristik seperti itu.

Diana, adalah Putri Amazon, yang diciptakan dari Ratu dan (Perawan) Hyppolita. Amazon adalah Surga tempat para wanita hidup tanpa pria. Para wanita memiliki kehidupan sendiri, tanpa perlu (atau memerlukan) pria. Pulau firdaus ini, kedatangan pilot pesawat Amerika yang jatuh pada saat perang dunia kedua, dan Wonder Woman, diutus oleh Queen Hyppolyta untuk menyampaikan pesan kepada dunia, tentang persamaan hak atas wanita. Seorang nara sumber (Trina Robbins; Comic Book Writer) mengatakan, Wonder Woman adalah feminis dalam arti sesungguhnya, tanpa perlu ia mengatakan kepada dunia bahwa dirinya adalah seorang feminis. Seorang wanita dapat berbuat sebaik dan sesempurna lelaki, yang menyebabkan kekurangan atau ketidaksempurnaan tersebut adalah kurangnya latihan atau ilmu pengetahuan yang diberikan.

Wonder Woman, dari masa ke masa memiliki pergantian kostum. Pada masa awal Wonder Woman, tidak tampil seseksi seperti saat ini, salah satu nara sumber mengatakan saat ini, semakin sedikit pakaian, semakin banyak area terbuka. Secara pribadi, saya melihat hal ini tidak hanya berlaku pada Wonder Woman, bahkan pada tiap Super Heroine dunia. Contoh pada tampilan Elektra awal hingga saat ini, atau pada tampilan Supergirl (sama-sama dari DC Comics), dan lain-lain. Tentu hal ini menyiratkan bahwa kebutuhan dunia yang dulu dan saat ini telah berbeda.

Pada VCD tersebut, terdapat pernyataan menarik; bahwa kalau kita memperhatikan Wonder Woman, ia tidak akan dapat melepaskan diri dari ikatan (tali) sekalipun, apabila yang mengikat adalah pria. Hal ini menyiratkan bahwa, William Moulton Marston ingin mengatakan patriakhi adalah hal yang niscaya…Tapi sebagai pencipta lie detector – dalam Wonder Woman diibaratkan dengan laso yang dimiliki Wonder Woman – ia juga mengakui bahwa setiap penganut patriakhi atau/terutama lelaki, ingin mendapatkan pendamping yang sempurna…sekalipun secara fantasi…nah…Wonder Woman…(bersambung) 290808

Tidak ada komentar: